News » Actual
Short URL:
Simon Gerrans Merajai La Doyenne 2014
Tue, 29 Apr 2014 | 12:17
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 14.026 kali

SPORTKU.COMJuara nasional Australia Simon Gerrans (Orica – GreenEdge) merebut podium satu pada "La Doyenne" atau Liège-Bastogne-Liège 2014 di Belgia pada hari Minggu (27/40). Ia mampu melepaskan diri dari kejaran Alejandro Valverde (Movistar) dan pembalap Omega Pharma-Quick-Step Michal Kwiatkowski .

Simon Gerrans mendapat keuntungan setelah juara bertahan, Dan Martin (Garmin-Sharp), terjatuh di tikungan terakhir atau sekitar 263 kilometer dari Liège. 

Martin sendiri sangat menyesali insiden yang menimpa dirinya. “Saya jelas hancur," kata Martin, seperti dilansir Cyclingnews.

"Kami pikir ada minyak atau sesuatu (di trek). Saya pikir, saya meneteskan air mata sebelum saya terjatuh. Tak ada kata-kata untuk itu. Untuk balapan selama tujuh jam dan itu (insiden) terjadi di tikungan terakhir. Itu sebuah puisi yang menyedihkan,” tambahnya.

Sementara itu, atas kemenangan ini Gerrans semakin optimistis. "Saya memiliki posisi yang baik dan beruntung memiliki kesempatan untuk menyelesaikannya," ujar Gerrans yang menjadi orang Australia pertama yang memenangkan lomba sepeda klasik tertua ini.

Dilaporkan Telegraph, Valverde, yang menjuarai La Fleche Wallonne pada pertengahan pekan, bersama Kwiatkowski melengkapi podium pada posisi kedua dan ketiga. 

Setelah memenangi Tour Down Under pada bulan Januari dan finish di posisi tiga pada Amstel Gold Race, kemenangan ini mendorong Gerrans ke tempat kedua dalam peringkat UCI World Tour dengan nilai 264. Ia membuntuti pemimpin klasemen Alberto Contador, yang memiliki poin 308. Valverde sendiri berada di urutan ketiga dengan memiliki 262 poin dan diikuti oleh pembalap Swiss, Fabian Cancellara.

 

Hasil Akhir 

1. Simon Gerrans (Aus/Orica-GreenEdge) 

2. Alejandro Valverde (Spa/Movistar Team) 

3. Michal Kwiatkowski (Pol/Omega Pharma-Quick-Step) 

4. Giampaolo Caruso (Ita/Katusha) 

5. Domenico Pozzovivo (Ita/Ag2r-La Mondiale) 

6. Tom Jelte Slagter (Hol/Garmin-Sharp)

7. Roman Kreuziger (Cze/Tinkoff-Saxo) 

8. Philippe Gilbert (Bel/BMC Racing) 

9. Daniel Moreno (Spa/Katusha) 

10. Romain Bardet (Fra/Ag2rLa Mondiale) 

 

Simon Gerrans (tengah), bersama Alejandro Valverde (kiri) dan Michal Kwiatkowski (kanan). (Foto: Telegraph/REUTERS)

Simon Gerrans, La Doyenne, road, race

 

Dan Martin mengayuh sepedanya beberapa saat setelah insiden yang menimpanya. (Foto: Telegraph/AP)

Simon Gerrans, La Doyenne, road, race

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss