News » Actual
Short URL:
Bos Tim Armstrong Dihukum 10 Tahun
Wed, 23 Apr 2014 | 15:27
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 13.586 kali

SPORTKU.COM - Mantan manajer tim Lance Armstrong, Johan Bruyneel mendapat hukuman pelarangan selama 10 tahun terkait kasus doping. Sementara, dr. Pedro Celaya dan pelatih Jose 'Pepe' Marti dihukum selama delapan tahun. Vonis tersebut dijatuhkan lembaga anti doping Amerika Serikat (USADA) pada 22 April lalu. Ketiganya bekerja untuk tim Armstrong (US Postal Service).

Sebagaimana diketahui, akibat doping tersebut, gelar juara Tour de France yang diraih Armstrong sebanyak tujuh kali dianulir dan ia dijatuhi hukuman pelarangan seumur hidup pada 2012 lalu. Armstrong sendiri mengakui bahwa ia terkait dengan kasus tersebut dalam sebuah interview untuk televisi dengan Oprah Winfrey pada Januari 2013 silam.  

“Bukti menunjukkan secara jelas bahwa Bruyneel terlibat dalam penggunaan doping untuk tim US Postal Service (USPS) dan Discovery Channels dalam beberapa tahun dan melibatkan banyak rider,” demikian pernyataan resmi USADA yang dikutip dari BBC. 

Sementara itu, dr. Celaya dan Marti dianggap sebagai bagian dalam aksi tersebut, atau setidaknya digunakan sebagai instrumen dalam konspirasi tersebut.

Dua dokter lainnya yang terkait, Luis Garcia del Moral asal Spanyol dan Michele Ferrari asal Italia, juga mendapatkan pelarangan seumur hidup dalam olahraga profesional dari USADA pada Juli 2012.

Laporan USADA menyebutkan bahwa tim USPS telah menjalankan program doping yang paling sukses, profesional dan terencana dalam dunia olahraga.    

Bruyneel, yang bekerjasama dengan Armstrong untuk tim USPS dan Discovery Channels membawa kasus ini ke panel arbitasi yang berisi 3 orang, di London pada akhir Desember, dan ia dilarang hingga 11 Juni 2022.

Bruyneel, yang juga mantan pembalap profesional, adalah tim manajer tim Armstrong selama memenangkan Tour de France tujuh kali (1999 hingga 2005). Manajer asal Belgia tersebut menikmati sukses dengan Asatana sebelum pindah dari tim RadioShack.

"Saya tidak membantah bahwa ada unsur-unsur tertentu dalam karir saya. Saya juga tak membantah bahwa doping adalah kenyataan hidup di peloton untuk jangka waktu yang cukup lama," kata pria berusia 49 tahun itu di situs pribadinya.

"Namun, sebagian kecil dari kita telah digunakan sebagai kambing hitam untuk seluruh generasi. Jelas, ada sesuatu yang salah dengan sistem - yang memungkinkan hanya enam orang yang dihukum sebagai balasan atas dosa-dosa dari sebuah era," tambahnya. 

Bruyneel juga mengatakan, bahwa ia akan melawan keputusan yurisdiksi USADA tersebut dan mungkin masih akan mengajukan banding ke pengadilan arbitrasi olahraga.  

 

Johan Bruyneel (kanan) dan Lance Armstrong. Bruyneel dihukum 10 tahun oleh USADA atas keterlibatannya dalam penggunaan doping Armstrong. (Foto: Getty Images)

Armstrong, Bruyneel, Tour de France

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss