News » Actual
Short URL:
Preview: Grupset Shimano 105 5800
Thu, 03 Apr 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bike Radar
Dibaca : 18.250 kali

SPORTKU.COM - Shimano telah meluncurkan grupset 105 terbarunya, versi 2014/2015. Sistim pendorongnya (drivetrain) mengusung 11-speed, dan merupakan pengembangan dari seri Dura Ace dan Ultegra yang telah eksis lebih dulu. Yang lebih penting, grupset ini dapat dikombinasikan dengan rem cakram hidrolik generasi kedua untuk road bike dengan shifting mekanik serta pengereman hidrolik. 

Ada beberapa keunggulan crankset untuk grupset 105 ini. Crankset-nya diklaim lebih kokoh dan lebih ringan dari desain sebelumnya dan terdapat pengembangan di area sekitar chainring dengan tujuan untuk menambah kekuatan dan beratnya. Chainset ini pun menggunakan baut dengan diameter yang sama agar kompak dan chainset ganda dan lengan crank cocok dengan semua ukuran chainring. 

Crankset 105 versi terbaru terdiri dalam beberapa tipe, yakni 50-34T, 52-36T dan 53-39T, serta panjang crankarm yang bervariasi, mulai dari 165 mm, 170 mm, 172.5 m dan 175 mm. Crankset ini pun kompatibel dengan as (bottom bracket) tipe SM-BBR60 atau SM-BB72-41B press fit. 

Grupset 105 memiliki pemindah gigi (shifter) yang sama dengan seri Dura-Ace dan Ultegra. Ada pula bentuk baru yang kompak seperti yang ada pada tuas grupset Shimano yang lebih mahal. Tuas tersebut dapat mengakomodir ukuran tangan yang berbeda dan dilengkapi kabel berlapis polymer, yang telah menjadi standar Shimano. 

FD (Front Derailleur) 5800 terbaru memiliki “lengan” yang lebih panjang dan per mekanik terbaru pula. Demikian pula dengan RD (Rear Derailleur), yang disebut-sebut mampu bekerja dengan akurasi yang tinggi. RD ini kompatibel dengan kaset 32T dan terdiri dari 2 tipe, SS (short) dan GS (long). 

105 memiliki  desain kaliper berporos ganda yang simetris dan lengkungan yang lebih tinggi serta rentang yang memungkinkan untuk penggunaan ban selebar 28mm. Hasilnya, diklaim menciptakan peningkatan tenaga hingga 10%. Sementara komponen kasetnya menawarkan 3 tipe rasio, yaitu 11-25T, 11-28T dan 11-32T, dengan rentang yang sempit. 

Kini Shimano juga telah merambah teknologi cakram hidrolik yang tak hanya dapat bekerja pada drivetrain mekanik, tapi juga pada Di2. Shifter-nya dapat digunakan pada drivetrain Dura-Ace dan Ultegra serta versi terbaru dari 105. 

Shifter ST-RS685 dan rem hidrolik RS785 BR-disc baru akan tetap menjadi komponen non-series dan tidak akan termasuk ke dalam kelompok produk tertentu, seperti Ultegra atau Dura-Ace.

Yang menggembirakan, Shimano juga telah memutuskan untuk menyediakan komponen non-series lain dan cocok dengan seri 105, yaitu sepasang shifter 11-speed untuk setang datar (flat handlebar). Kebijakan ini tentunya memberikan pilihan menarik bagi mereka yang tengah mencari shifter premium dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan pada sisi pedal, komponen ini tersedia dalam versi karbon dan resin yang lebih ringan 50 gram dari model alloy, yang berbobot 285 gram. 

Grupset 105 versi terbaru ini tersedia dalam warna hitam dan silver dan tersedia di pasaran sekitar bulan Juni mendatang. Tak lama lagi bukan? 

 

Grupset Shimano 105 5800 

Shimano, 105, FD, RD, shifter, Crankset, hidrolik

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss