News » Actual
Short URL:
Sambut Tour de France 2014, Yorkshire Berbenah Diri
Sat, 29 Mar 2014 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 5.729 kali

SPORTKU.COM - Kamis (27/3) lalu adalah genap 100 hari bakal digelarnya ajang balap sepeda Tour de France 2014. Bagi sebagian orang, 100 hari mungkin terasa lama. Tapi tidak demikian dengan warga Yorkshire, Inggris. Kota ini makin giat berbenah dalam menyambut dimulainya tur balap sepeda paling bergensi di dunia itu. Hal ini cukup beralasan, mengingat Yorkshire menjadi lokasi Grand Depart atau kota pertama dimulainya Tour de France tahun ini.

Kemeriahan mulai terasa di sejumlah sudut kota Yorkshire. Di Robin Hood Inn, Yorkshire barat misalnya. Di sini akan digelar pemasangan bendera raksasa, sepanjang 100km, dan akan dicatat dalam rekor dunia.

Lain lagi dengan yang dilakukan Sharon Le Corre dan Judith Schofield. Mereka turut melibatkan sekolah setempat dan penjahit bendera, Doris Hirst (84 tahun), untuk membuat bendera. Baru-baru ini telah selesai 500 meter dan sisanya akan dikirim lagi sebelum Tour de France.

Selain itu, Yorkshire akan dimeriahkan dengan adanya The Yorkshire Festival. Acara ini akan berlangsung selama 100 hari dan menampilkan seni dan budaya, mulai sari patung Henry Moore di Harewood House ke acara Grand Départ. Acara ini  juga akan melibatkan sekelompok pembalap sepeda yang menarik sebuah piano raksasa di Cragg Vale dengan iringan musik. Semua akan dikemas dengan nuansa “Inggris”.

Bernard Hinault, 5 kali juara Tour de France yang menjadi bagian dari delegasi khusus bahkan telah dikirim ke Hull pada hari Rabu, untuk mencicipi bir lokal di Robin Hood inn, sebelum mencoba tanjakan di Cragg Vale, yang akan menjadi fitur dalam 200km etape ke-2 antara Pennines dan Distrik Peak.

"Ini akan jadi luar biasa," janji Gary Verity, chief executive acara “Welcome to Yorkshire” yang juga penggagas untuk acara pada momen Grand Départ, seperti yang lansir The Telegraph

Perayaan Grand Depart diperkiraan menelan biaya sekitar 27 juta Poundsterling (sekitar Rp500 miliar). Sementara, Pricewaterhouse Coopers memperkirakan bahwa akan lebih dari 100 juta Poundsterling (Rp1,8 triliun) yang akan “dipompa” kembali ke dalam perekonomian Inggris.

Bernard Hinault di sebuah cafe, ketika meninjau langsung Yorkshire (Foto: Getty Images/The Telegraph)

Tour de France, Henry Moore, Cragg Vale, Bernard Hinault

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss