News » Actual
Short URL:
Amerika Serikat Siap Gelar Pan–American Cyclo-Cross Championship
Wed, 26 Mar 2014 | 07:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 19.773 kali

SPORTKU.COM - Bulan lalu penyelenggara Festival Cyclo - Cross Cincy3 mengumumkan bahwa mereka akan mengubah dua ajang balap di Devou Park, Covington, menjadi perlombaan Pan–American Cyclo-Cross Championship. Event yang pertama ini akan terbagi dalam beberapa kelas, yakni Elite Wanita, Pria U23, dan Junior pria (17-18 tahun). Penyelenggara juga berencana menggelar kategori perempuan U23, yang juga diselenggarakan pada tahun lalu dalam kejuaraan Cyclo-Cross Eropa untuk pertama kalinya.

Pada 2014 ini, kejuaraan ini tidak akan menggelar kelas Elite Pria. Namun, penyelenggara berharap dapat menambahkan kelas tersebut acara pada 2015 mendatang dan akan menjadi yang pertama kalinya dalam kejuaraan ini.

Membawa lomba kejuaraan ini ke Amerika Utara memang telah lama menjadi tujuan dari direktur perlombaan CrossVegas, Brook Watts. Sebab acara Cincy3 telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Untuk kelas Elite Wanita, lomba ini menawarkan poin lebih banyak dari perlombaan kejuaraan nasional dan untuk kelas U23 serta Junior pria, memiliki poin yang setara dengan Kajuaraan Dunia. Pan-Am Championship akan sangat menguntungkan bagi pengendara yang memenuhi syarat. 

Mengumpulkan poin UCI di awal musim sangat penting, terutama bagi pengendara yang ingin berlomba di Eropa. “Ketika Anda berada di Eropa, dan Anda berada di garis start, jumlah poin UCI yang Anda miliki sangat penting," kata pemenang Pro CX 2013 Elle Anderson (California Giant-Specialized) tentang keuntungan dari lomba kejuaraan kontinental.

"Dengan memiliki kesempatan balapan di Amerika Serikat dan mendapatkan lebih banyak poin UCI, akan membantu saya dalam bersaing di Eropa menjadi jauh lebih mudah," ujarnya.

Cincy3 telah menawarkan tiga-hari lomba di akhir pekan, yaitu dua race C2 dan C1, untuk beberapa tahun kedepan. Dengan dukungan dari sponsor Toyota, dan penunjukan Pan-Am Championship, Cincy3 Cyclo-Cross Festival siap menjadi pusat dari beberapa lomba cyclo-cross di wilayah Tengah-Barat yang berjalan dari akhir Oktober sampai pertengahan November 2014. Race lainnya di kalender Pro CX, termasuk Piala Trek CXC (September), Gateway Cup (Oktober), Derby City Cup dan Jingle Cross (November).

Continental Cyclo-Cross Pan–American Championship akan membantu pembalap AS dalam bersaing di Eropa (Foto: Newsnationalpost)

Cyclo Cross, race

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
- http://mobil.sportku.com/feeds/rss
- http://motor.sportku.com/feeds/rss

SPORTKU FaceBook : http://www.facebook.com/SPORTKU