News » Actual
Short URL:
Sepeda Bambu, Alat Transportasi Andalan di Afrika
Thu, 06 Mar 2014 | 11:55
Teks :
Dibaca : 4.521 kali

SPORTKU.COM - Dunia sepeda semakin maju. Sekarang banyak ditemukan sepeda-sepeda berkualitas tinggi yang terbuat dari aluminium alloy atau serat carbon. Tapi, siapa bilang kalau sepeda itu harus terbuat dari serat carbon atau besi?

Di sebuah tempat terpencil di Ghana, beberapa pengrajin muda tampak sibuk merangkai sepeda yang terbuat dari bambu dan terlihat berbeda dengan sepeda gunung biasa.

Prototipe untuk sepeda berbingkai bambu pertama kali dikembangkan pada 1894. Namun seiring berjalannya waktu, motede tersebut dikembangkan oleh insinyur asal Amerika Serikat, Craig Calfee. Calfee adalah seorang desainer sepeda terkenal yang bereksperimen dengan bambu pada tahun 1995.

Calfee menyimpulkan bahwa sepeda adalah transportasi andalan di Afrika yang efektivitasnya jauh melebihi kendaraan bermotor bahkan kendaraan umum. Dikesempatan itulah ia memulai produksi sepeda bambu hingga saat ini.

Idenya tersebut ternyata dapat membantu masyarakat miskin di pedesaan di Ghana, Afrika, untuk merakit sendiri sepeda bambu mereka. Dengan begitu, ini hal ini dapat menginspirasi masyarakat Ghana untuk memproduksi sepeda bambu secara profesional melalui home industry kepada masyarakat internasional.

Warga Afrika gunakan sepeda dari bambu - Foto : cyclingbamboo.combamboo bike project, ghana bamboo bikes initiative, craig calfee, afrika, ghana, sepeda bambu

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss

.
Event SPONSORSHIP : sponsor@sportku.com