News » Actual
Short URL:
Tumisang Taabe, Donasikan Seribu Sepeda
Tue, 31 Dec 2013 | 11:50
Teks : Andi Wahyudi
Foto / Video : uci.ch
Dibaca : 27.448 kali

SPORTKU.COM - "Sepeda adalah dunia saya," begitu kata Tumisang Taabe, Presiden of The Lesotho Cycling Association. Pria 31 tahun yang akrab dipanggil Tumi ini adalah juara Lesotho MTB sekaligus pemilik toko sepeda Tumi's Bicycle Shop di Kerajaan Lesotho, sebuah negara kecil di Afrika seluas 30.000km persegi.

Lalu apa yang membuat Tumi begitu spesial sehingga namanya disebut-sebut dalam situs Union Cycliste Internationale (UCI)?

"Sepeda sudah merubah hidup saya dan saya juga ingin merubah hidup orang lain," ujar Tumi. Pria ini memang pecinta sepeda. Dia bertekad untuk memajukan dunia sepeda di negaranya. Maka Tumi menjalin kerjasama dengan Mike's Bikes, sebuah toko sepeda di California.

Oleh Mike's Bikes, Tumi mendapat pasokan 1000 sepeda bekas sepanjang tahun 2013. Bersama timnya, Tumi menyalurkan sepeda tersebut secara gratis kepada anak-anak di Lesotho.

"Saya sangat senang jika melihat anak-anak itu tersenyum. Banyak diantara mereka bahkan tidak mengenal sepeda. Bersama tim, saya memperkenalkannya kepada mereka. Mengajari mereka bersepeda dan beberapa trik yang harus dikuasai mereka," ujar Tumi.

Tumi juga kerap menggelar lomba dalam skala kecil untuk memupuk potensi mereka. "Kami harus memperkenalkan sepeda kepada mereka yang masih muda dan pesepeda kami memiliki potensi dan bakat yang luar biasa dalam bersepeda," sambungnya.

Upaya Tumi memang luar biasa. Pria ini sempat hadir dalam UCI Sharing Platform di Mesir dan meminta bantuan untuk penyediaan speda, helm dan perlengkapan latihan lainnya kepada perwakilan African Cycling Nations. "Mereka akan mengusahakannya. Tapi kami tetap akan berlatih meski dengan kondisi minim," tegas Tumi.


SUMBER

uci.ch