News » Actual
Short URL:
SEA Games Myanmar 2013
Indonesia, Rajanya MTB Asia Tenggara!
Mon, 16 Dec 2013 | 12:01
Teks : Andi Wahyudi
Foto / Video : FB Oki Raspati
Dibaca : 29.488 kali

SPORTKU.COM - Kita boleh bangga atas prestasi yang ditorehkan Tim MTB Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa di arena SEA Games Myanmar 2013. Bagaimana tidak, Tim MTB Indonesia berhasil meraup 3 medali emas dan 3 medali perak, jauh meninggalkan tim dari negara lainnya.

Ini bukanlah tanpa alasan. Pada hari pertama lomba (12/12), di bawah komando pelatih Oki Raspati, tim nasional MTB berhasil merebut emas pertama di nomor estafet yang baru pertama kali dilombakan di SEA Games ini.

Tim estafet yang terdiri dari Kusmawati Yazid, Chandra Rafsanzani, Wilhelmina Tutuarima dan Bandi Sugito, berhasil melibas tim Thailand dan Vietnam. Pelatih Oki Raspati sukses mengatur strategi sehingga Indonesia menang telak.

Hari kedua lomba (13/12), lagi-lagi tim MTB Indonesia merebut medali emas, kali ini dari kayuhan Kusmawati Yazid yang turun di nomor XC Women's. Kusmawati berhasil menumbangkan atlet Thailand dan Vietnam.

Pun demikian di nomor XC Men's, meski tidak merebut emas, namun atlet Bandi Sugito berhasil memberikan perlawanan yang sengit terhadap atlet-atlet Thailand. Bandi merebut medali perak dan menerobos dominasi Thailand yang merebut medali emas dan perunggu.

Keesokan harinya (14/14), giliran nomor MTB Downhill yang menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia. Atlet Hildan Afosma berhasil meraih emas mengalahkan rekan senegaranya Pornomo (perak) dan atlet Thailand. Sementara di nomor MTB Downhill Women's Risa Suseanty berhasil menyeruak diantara atlet Thailand. Risa merebut perak, sedangkan emas dan perunggu direbut Thailand.

Atas keberhasilan tersebut, tim MTB Indonesia oleh official SEA Games setempat disebut sebagai "The King of MTB".

SUMBER

dari berbagai sumber