News » Actual
Short URL:
1.053 Atlet dari 31 Negara Ikuti Tour de Bintan
Tue, 22 Oct 2013 | 09:49
Teks :
Dibaca : 3.686 kali

Sebanyak 1.053 atlet balap sepeda dari 31 negara akan mengikuti Tour de Bintan di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, 8--10 November 2013 .

"Selain jumlah atlet yang akan ambil bagian meningkat, negara asal atletnya juga meningkat sejak 2012," kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Setioso yang dihubungi dari Tanjungpinang, Senin (21/10).

Menurut Setioso, pada Tour de Bintan 2012 jumlah peserta yang ambil bagian mencapai 927 dari 1000 orang lebih yang mendaftar, sementara jumlah negara asal para atlet profesional dan semiprofesional itu sebanyak 28 negara.

"Tiap tahun pesertanya meningkat dan kami harus batasi hingga 1.100 peserta untuk kenyamanan dan juga ketersediaan kamar hotel," kata Setioso.

Setioso mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan nama-nama atlet balap sepeda profesional yang akan ikut ambil bagian dalam ajang wisata olahraga yang dipusatkan di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi itu.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, atlet profesional banyak yang ikut. Namun, kami belum bisa pastikan saat ini karena berbagai pertimbangan," ujarnya.

Menurut Setioso, pada Tour de Bintan 2013 akan dibagi menjadi dua etape dan juga dibagi beberapa kategori, mulai dari profesional hingga kelas pemula.

"Jalur yang akan dilalui peserta juga bertambah. Lintas Barat Bintan yang sudah rampung juga menjadi jalur perlombaan," ujarnya.

Tour de Bintan merupakan ajang wisata olahraga di Bintan, selain itu juga ada Bintan Triathlon, MetaMan Bintan, Kiteboard Tour Asia, dan sejumlah agenda olahraga lainnya.

Meski bertajuk wisata olahraga, para peserta yang ambil bagian sebagian besar adalah para atlet profesional yang melakukan pemanasan sebelum mengikuti seri perlombaan dunia.

"Agenda olahraga itu sekaligus menjadi ajang promosi wisata Bintan," katanya.

Sumber : Republika