MTB » Other MTB
Short URL:
Shimano Siapkan E-Bike yang Mirip dengan Sepeda Standar
Tue, 09 Aug 2016 | 19:35
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Shimano
Dibaca : 7.826 kali

SPORTKU.COM - Dalam waktu singkat, sepeda listrik (e-bike) telah berevolusi dari bentuk yang aneh, menjadi sistem yang relatif baik dan terintegrasi. Nantinya, sepada listrik bakal sulit dibedakan dengan sepeda konvensional atau yang dikayuh oleh tenaga manusia. 

Henry Bosch, koordinator produk untuk sistem STEPS – komponen sepeda listrik yang dikembangkan Shimano - percaya bahwa masa depan sepeda listrik adalah sepeda tersebut hampir tidak bisa dibedakan dengan sepeda normal. Hal itu kini tengah dituju oleh Shimano, termasuk para pesaingnya.

"Saya pikir, dalam waktu satu atau dua tahun, Anda harus melihat sepeda sebanyak dua kali, untuk memastikan apakah itu e-bike atau sepeda biasa. Orang tidak ingin naik sepeda yang ditutupi dengan kemasan baterai dan memiliki bobot yang sangat tinggi. Mereka ingin sepeda yang ringan dan mudah untuk dikendarai dan digunakan," kata Bosch.

Pada saat ini, batasan teknologi baterai adalah tentang mendapatkan atau membutuhkan baterai yang cukup besar. Banyak produsen sepeda telah bekerja untuk mengadaptasi sistem yang ada ke dalam desain yang jauh lebih “bersih”, seperti sepeda baru buatan Lapierre, Overvolt AM700, yang memiliki baterai Bosch di dalam frame - tepat di atas komponen motor, bukan di downtube yang konvensional.

Specialized juga telah bekerja sama dengan pabrikan motor Brose untuk e-MTB mereka, Turbo Levo, yang mengintegrasikan baterai ke downtube untuk memberikan tampilan mesin yang nampak lebih “bersih”.

Shimano juga telah bekerja sama dengan produsen frame dalam mengintegrasikan baterai STEPS E8000 mereka dengan cara yang sama. Meskipun belum dapat dikonfirmasi mengenai detail produk tersebut, mockup desain perangkat tersebut sudah beredar, dimana menempatkan baterai di downtube.

Teknologi baterai juga terus bergerak cepat dan teknologi baru, seperti sel-sel Lithium-Sulphur, menjanjikan untuk memberikan energi hingga lima kali lebih besar dari desain Lithium-Ion yang telah ada.

Akhirnya, mari kita tunggu saja bersama hasil dari inovasi tersebut.

Desain perangkat sepeda listrik yang tengah dikembangkan ShimanoShimano, E-Bike, sepeda listrik, e-mtb, STEPS

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

Bikeradar