MTB » Other MTB
Short URL:
Polygon Collosus TX 3.0, Lebih Tangguh dan Kaya Fitur
Tue, 12 Aug 2014 | 18:30
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Zenuar Yoga
Dibaca : 14.990 kali

SPORTKU.COM - Bagi pesepeda yang kerap kali melintasi trek mendaki maupun atau turunan yang curam dengan kecepatan tinggi, tentu memerlukan sebuah sepeda yang mumpuni. Hal itu bukan hanya untuk mendapatkan keamanan semata, tapi juga kenyamanan.

Untuk menghadapi medan tersebut, sebelumnya mungkin hanya bisa dilakukan atau dengan sepeda dengan brand impor yang terkenal memiliki harga yang tinggi. Tapi kini, produsen sepeda di Tanah Air pun telah mamapu menciptakan sepeda untuk menjawab kebutuhan itu.

Salah satunya adalah Polygon yang telah meluncurkan seri Colossus TX 3.0. sebagai suksesor seri sebelumnya, Colossus TX 2.0, seri ini telah mengalami sejumlah perubahan di sejumlah sisi dan diklaim akan memberikan performa yang tinggi, serta sensasi tersendiri bagi pengendaranya.

Pada sisi frame, Colossus TX 3.0 memang masih menggunakan material yang sama dengan seri sebelumnya, yakni ALX yang berbahan aluminium alloy yang dikenal kuat dan ringan, dan wheelset berukuran 26 inci.

Tapi, frame kali ini telah menerapkan sistem suspensi baru yang dikembangkan oleh Polygon, Floating System versi 2 (FS2). Dengan posisi suspensi yang terletak di bagian bawah frame atau beberapa milimeter saja di atas bottom bracket, sistem ini diklaim oleh Polygon akan menjaga traksi dan membuat sepeda lebih mudah dikendalikan saat melibas trek. 

Perubahan lainnya adalah pada suspensi. Kali ini, Colossus TX 3.0 menggunakan fork dan suspensi belakang besutan Fox - Float Evolution CTD O/C dengan Travel 140 mm dan Float Evolution CTD RL. Kedua suspensi itu dapat dikontrol secara jarak jauh (remote) lewat sebuah tuas yang terpasang pada sisi kanan handlebar.

Fitur baru dan unik yang lain adalah bagian seatpost yang kali ini, menggunakan komponen dari Crank Brothers Kronolog, 30.9 x 405 mm, yang memungkinkan rider mengatur ketinggian sadel dengan mudah dan cepat, melalui sebuah tuas kontrol di sisi kiri setang, tanpa harus membuka seat clamp.   

Untuk menjaga perfomanya, Colossus TX 3.0 menggunakan groupset dan brakeset (rem) dari Shimano Deore XT dan SLX berkecepatan 20 speed, yang telah menjadi standar di kelas sepeda gunung premium. Perangkat tersebut digunakan untuk menggerakkan wheelset dari Shimano Deore XT WH-M788 UST (Universal System Tubeless) yang dibalut oleh ban Schwalbe Nobby Nic, 26 x 2.25” UST. 

Oleh Polygon, Colossus TX 3.0 memang menciptakan untuk menyasar kalangan premium. Karena itu, tak heran, bila sepeda ini pun dibanderol dengan harga Rp29,85 juta.

 

Polygon, Collosus TX 3.0, sepeda MTB, All Mountain

Polygon, Collosus TX 3.0, sepeda MTB, All Mountain

Polygon, Collosus TX 3.0, sepeda MTB, All Mountain

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss