MTB » Other MTB
Short URL:
Shimano Luncurkan Shifter Elektronik Terbaru Untuk MTB
Thu, 05 Jun 2014 | 16:06
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bikeradar
Dibaca : 12.570 kali
Kategori : Shimano, XTR, grupset, Di2, shifter, RD, FD

SPORTKU.COM - Baru-baru ini Shimano telah mengumumkan rincian Di2 versi elektronik baru untuk grupset XTR atau sepeda gunung (MTB).

XTR M9050 menandai migrasi pertama dari teknologi shifter (pemindah gigi) elektronik untuk sepeda gunung. Sistem ini akan menggunakan satu baterai dan kabel tetap, dengan tetap menggunakan komponen yang sudah teruji, dari seri Ultegra dan Dura-Ace Di2.

Shimano XTR mengklaim bahwa Di2 akan menawarkan pergeseran lebih cepat dan lebih akurat, tanpa  ada kabel yang meregang. Grupset ini menawarkan pergeseran yang konsistensi yang tidak dapat dilakukan oleh sistem transmisi mekanik.

Salah satu bagian penting dari XTR Di2 adalah Syncro Shift yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol kedua derailleurs (depan dan belakang) dengan satu shifter. Dengan cukup menggeser ke atas atau ke bawah, transmisi akan mengikuti peta pergeseran yang telah diprogram dan disesuaikan sebelumnya.

Kedua derailleurs akan bergerak untuk menemukan rasio berikutnya dan tetap menjaga alur rantai agar tetap baik. Jadi, pengguna memerlukan waktu yang lebih sedikit dan terbebas dari hal lain, selain pemilihan gigi.

XTR Di2 dapat diaplikasikan dalam berbagai tipe crank (single, double dan triple), kaset dan rantai.

Rangkaian Komponen

RD-M9050 (Rear Derailleur)

RD M9050 baru memiliki motor yang kinerjanya 50 persen lebih kuat daripada seri road bike. Hal Itu ditujukan untuk mengatasi berat tambahan, seperti kondisi berlumpur yang dapat menambah beban pada komponen.  

Shadow RD+ 

Dengan sistem retensi kopling, pengendara dapat menyesuaikan ketegangan pegas dari RD dengan menggunakan Allen key. Keunggulan perangkat ini adalah, dengan shifter yang memiliki motor pengendali, ketegangan pada kopling dapat diatur ke tingkat yang biasanya akan membahayakan kinerja shifter pada derailleur mekanik. RD ini tersedia dalam dua pilihan, yakni short cage dan long cage, dan dengan bobot sekitar 289 gram.

FD-M9050 (Front Derailleur)

FD XTR Di2 memiliki berat 115 gram dan diklaim memiliki fitur teknologi pemangkasan otomatis, yang sama dengan komponen Di2 pada versi road bike.

SW-M9050 (Shifters)

Berkat fitur Syncro Shift, XTR Di2 dapat diatur untuk menjalankan satu atau dua shifter, bahkan dengan triple crank. Shifter ini bukan benar-benar shifter karena berupa sebuah saklar yang mampu bergerak cepat, layaknya pada shifter mekanik. Beratnya diklaim sekitar 64 gram.

SC-M9050 (System Display)

Berupa layar kecil yang terpasang di stang, perangkat ini menjadi “otak” dari groupset ini. Saat sepeda berjalan, tampilan ini akan memberikan berbagai informasi penting, seperti status baterai, posisi gigi dan modus pergeseran (Synchro Shift diaktifkan atau tidak).

Perangkat ini terintegrasi dengan sistem penyesuaian suspensi listrik ICD dari Fox yang terletak di bagian bawah kanan layar, termasuk elemen yang menunjukkan mode suspensi pada garpu dan shock yang kompatibel. Teknologi ini pun membuka pintu bagi jenis lain atau produsen lain untuk mengeksploitasinya di masa depan. 

Layar juga berfungsi sebagai titik pengisian untuk sistem dan koneksi ke software E-tube milik Shimano di mana - seperti pada aplikasi pada tipe road - pengendara dapat menyesuaikan berbagai fungsi.

Baterai dan kabel

Unit baterai serta kabel untuk XTR Di2 adalah komponen yang identik dengan komponen yang digunakan pada perangkat versi road. Baterai dapat dipasang pada tempat botol minum, dalam seat tube dan bahkan dapat dimasukkan ke dalam steerer tube pada fork tertentu. Sayangnya,  rincian lengkap tentang hal ini belum dirilis Shimano.

Teknologi Di2 memulai debutnya di level top-end, dengan rincian harga yang berbeda untuk setiap komponennya. Baik RDM9050GS (short cage) dan RD9050SGS (long cage) ditawarkan seharga £429,99 (sekitar Rp8,4 juta), FD (FDM9050) £269,99 (Rp5,3 juta). Sedangkan untuk shifter kanan (SWM9050R) dan kiri (SWM9050L) diniagakan dengan harga £149,99 (Rp2,9 juta). 

Shimano, XTR, grupset, Di2, shifter, RD, FD

Shimano, XTR, grupset, Di2, shifter, RD, FD

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss