MTB » Other MTB
Short URL:
Test Bike: Merida Big 7 300
Tue, 01 Apr 2014 | 17:02
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Andi Wahyudi
Dibaca : 21.034 kali

SPORTKU.COM - Merida meluncurkan jajaran sepeda gunung terbarunya ke pasaran termasuk Indonesia.  Salah satu dari jajaran produk tersebut adalah Big 7 300. 

Termasuk dalam jajaran sepeda hardtrail, Big 7 300 hadir dengan diameter roda yang berukuran 27.5 inci. Ukuran ini memang seakan telah menjadi standar baru dalam sepeda hardtrail di kalangan pabrikan sepeda global. 

Dengan ukuran diameter roda yang lebih besar dari sepeda standar, Big 7 300 memang nampak lebih besar. Kebetulan Merida Big 7 300 yang SPORTKU.com uji  beraroma hitam-merah. Warna tersebut membuatnya terlihat garang. Selain warna ini, Merida juga memberikan pilihan warna lain, yakni kombinasi hitam-hijau-putih. 

Merida Big 7 300 dengan ban 27.5 

hardtrail, Merida, Big 7, offroad

Rangka Big 7 300 dibuat dari bahan alumunium 6061 dengan teknologi Techno Forming System (TFS) yang diklaim menjadikan frame ini lebih halus dan kuat. Sementara, pada sisi komponen bergerak (drivetrains) sepeda ini dilengkapi groupset 27 speed (SLX-mix). 

Tawaran ini tentu saja memberikan kemudahan dalam menggowes. Lantaran Merida Big 7 300 bisa diajak melahap berbagai kontur jalan yang variatif. Perpindahan gear terbilang responsif dan halus. 

Dipersenjatai groupset 27 speed (SLX-mix)

hardtrail, Merida, Big 7, offroad

Harus diakui bahwa penggunaan ban berukuran 27.5 inci ini butuh penyesuaian terutama bagi Anda yang selama ini akrab dengan ban ukuran dibawahnya. Tapi rasanya, ukuran tersebut masih bisa diterima oleh orang-orang yang berpostur rata-rata sebagaimana lazimnya ukuran tubuh orang Indonesia. 

Karakter ban juga bisa disesuaikan jikalau ban standar pabrikan dianggap kurang mumpuni. Meski sepanjang uji coba yang dilakukan SPORTKU.com, ban standar CST cukup mumpuni melibas trek.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah suspensi depan SR Suntour 27 XCM yang dilengkapi fitur pengunci suspensi (lock) sehingga akan membuat energi pengendara menjadi lebih efisien, terutama saat melaju di aspal atau jalan raya.

Suspensi depan dengan speed lock

hardtrail, Merida, Big 7, offroad

Pada sisi keamanan atau rem, sepeda ini dibekali rem cakram dari Tektro HDC yang telah dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Sistem pengeremannya juga terbilang responsif.

Ketika digunakan di medan offroad,  Big 7 300 cukup nyaman digunakan. Medan tanah dengan kondisi bergelombang, turunan atau tanjakan yang curam sekalipun dapat dilalui dengan baik. Menerobos genangan air di jalan berlubang juga tidak masalah. Memang, dengan ban berdiameter 27.5 sepeda ini terasa mudah dikendalikan. 

Dengan fitur yang dimilikinya, Big 7 300 memang sangat memadai untuk diajak bermain di medan offroad ringan maupun di jalan-jalan keras. SPORTKU.com yang pernah "menyiksa" sepeda ini di rute TW Klasik merasakan sendiri pembuktian kualitas sepeda Taiwan ini. Sepeda ini dibanderol seharga Rp8,4 juta dan tersedia di showroom Bike Colony. 

Tektro HDC jadi andalan untuk sistem pengereman

hardtrail, Merida, Big 7, offroad

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss