MTB » Downhill
Short URL:
Top 5
5 Rider Downhill dengan Gelar Juara Terbanyak di Dunia
Thu, 20 Oct 2016 | 11:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 2.504 kali

SPORTKU.COM - Selama 26 tahun terakhir, banyak pebalap Downhill (DH) dari seluruh dunia yang telah memenangkan gelar juara dunia sekaligus menyandang jersey pelangi. Namun dari semuanya, hanya ada beberapa nama yang berhasil menyabet gelar juara lebih dari satu kali, bahkan hingga 10 kali. 

Siapa saja? Berikut adalah 5 rider DH top dunia yang berhasil merengkuh gelar terbanyak di ajang kejuaraan dunia maupun Piala Dunia hingga tahun ini.

Baca: Ini Jadwal Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Untuk Semua Genre Hingga 2020

1. Anne-Caroline Chausson (Prancis)

Anne-Caroline Chausson atau yang biasa disapa Anne-Caro adalah salah satu pebalap terbesar dalam sejarah balapan gravitasi atau downhill. Tak tanggung-tanggung, dia berhasil memenangkan sembilan gelar juara dunia Elite Putri, dengan delapan gelar diantaranya diraih secara berturut-turut. 

Tak hanya DH, dikutip dari situs UCI, Chausson juga mampu memenangkan empat gelar dunia di cabang Dual Cross (2X) dan 4X (Four Cross) yang menambah jajaran gelar juara dunianya, menjadi 13 gelar. 

Selain itu, Chausson memenangkan tiga gelar di kelas Junior pada tahun 1995, dengan catatan waktu yang lebih cepat dari juara di kelas Elite waktu itu. 

Pada tahun 2008, setelah pensiun dari downhill, Chausson kembali ke kompetisi BMX dan memenangkan medali emas pada Olimpiade Beijing.

Anne-Caroline Chausson (Foto: UCI)

Downhill, Anne-Caroline Chausson, Nicolas Vouilloz, Greg Minnaar, Rachel Atherton, Sam Hill

2. Nicolas Vouilloz (Prancis)

Nicolas 'Nico' Vouilloz juga mencatat prestasi yang luar biasa, yakni 10 gelar juara dunia di cabang DH. Tiga gelar diantaranya diraih di kelas Junior (1992-1994) dan sisanya sebagai pebalap Elite (1995-1999 dan 2001-2002). 

Nico juga sempat meraih lima gelar juara berturut-turut, dari tahun 1995 hingga 1999. Nico juga memenangkan gelar juara umum Piala Dunia DH empat kali dan 16 balapan Piala Dunia selama karirnya. 

Setelah pensiun di dunia DH, Nico beralih ke ajang balap mobil reli, dan memenangkan seri antarbenua.

Saksikan: Video: Aksi Menantang Brandon Semenuk di Ajang Red Bull Rampage 2016

Nicolas Vouilloz (Foto: Vitalmtb)

Downhill, Anne-Caroline Chausson, Nicolas Vouilloz, Greg Minnaar, Rachel Atherton, Sam Hill

3. Greg Minnaar (Afrika Selatan)

Masih menjadi pebalap sampai saat ini, Greg Minnaar telah merengkuh tiga gelar dunia. Gelar pertama diraihnya pada tahun 2003 dan kemudian pada 2012 dan 2013, di kampung halamannya, di Pietermaritzburg. 

Minnaar memegang rekor di kategori Putra dengan 10 medali (3 emas, 4 perak dan 3 perunggu) dengan pencapaian podium di kelas Elite pada Kejuaraan Dunia. Rekor tersebut menempatkan dirinya di posisi kelima dalam peringkat negara. Greg juga memegang rekor untuk kemenangan Piala Dunia Putra, dengan 19 kemenangan.

Greg Minnaar (Foto: Vitalmtb)

Downhill, Anne-Caroline Chausson, Nicolas Vouilloz, Greg Minnaar, Rachel Atherton, Sam Hill

4. Rachel Atherton (Inggris)

Rachel Atherton adalah pebalap wanita paling dominan dalam ajang DH setelah era legenda Anne-Caroline Chausson. Pebalap Inggris ini telah memenangkan tiga gelar juara dunia Elite paling banyak (dan juara bertahan), dan total tujuh medali di UCI World Championship (3 emas, 3 perak dan 1 perunggu). Dia juga memenangkan gelar juara dunia dan medali perak di kelas Junior. 

Musim ini, Atherton memenangkan gelar juaranya yang kesepuluh secara berturut-turut race Piala Dunia, melampaui rekor Chausson. Dia sekarang memiliki 31 kemenangan secara total di ajang Piala Dunia.

Rachel Atherton (Foto: Vitalmtb)

Downhill, Anne-Caroline Chausson, Nicolas Vouilloz, Greg Minnaar, Rachel Atherton, Sam Hill

5. Sam Hill (Australia)

Sam Hill adalah pebalap DH paling bersinar dari Australia. Hal itu berkat tiga gelar juara dunia yang diraihnya di level Elite, dua gelar di level Junior dan total enam medali Elite UCI World Championship (3 emas, 1 perak dan 2 perunggu). 

Pada Kejuaraan Dunia 2003, Hill memenangkan gelar Junior kedua akan ketiga di antara Elite. Dia juga telah menjadi juara umum Piala Dunia, yakni sebanyak dua kali.

Sam Hill (Foto: Vitalmtb)

Downhill, Anne-Caroline Chausson, Nicolas Vouilloz, Greg Minnaar, Rachel Atherton, Sam Hill

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss