MTB » Downhill
Short URL:
Box Kini Ciptakan Komponen MTB
Fri, 14 Oct 2016 | 16:26
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Bikeradar.com
Dibaca : 1.130 kali

SPORTKU.COM - Legenda BMX Toby Henderson telah memiliki banyak proyek baru, mulai dari THE (Toby Henderson Enterprises) sampai ke yang baru, Box Components.

Setelah beberapa tahun memproduksi komponen BMX kelas atas, Box kini bergerak ke segmen MTB dengan menciptakan komponen untuk area kokpit (stem, seatposts, setang), termasuk shifter dan derailleurs yang lebih bergaya.

Box sendiri adalah “adik” dari merek Promax, yang sedang dispefikasikan untuk sepeda-sepeda dari GT, Cannondale, Bianchi dan Wilier.

Baca juga: Galeri Foto: Persiapan Red Bull Rampage 2016

Dikenal di dunia BMX untuk beberapa komponennya, seperti fork karbon, as roda depan dan belakang 20mm dan spindle crank Praxis 35mm, Box berharap bisa memiliki “ruang” dalam dunia sepeda gunung. Salah satu komponen yang dibuat adalah shifter dan derailleurs. Meski belum diproduksi secara penuh, komponen ini ditujukan pada tingkat harga dan kinerja yang sama dengan Shimano XT. 

Shifter Box bekerja dengan teknik tekanan yang unik, tekan menuju stem untuk melepaskan kabel, serta yang lebih umum, maju untuk menarik kabel. Dengan mendorong tuas ke depan, rantai akan naik ke roda penggerak yang lebih besar. Menekan panel tuas yang lebar ke arah dalam, ke arah stem, rantai akan turun ke roda penggerak yang lebih kecil. 

Untuk saat ini, berat derailleur belakang (RD) yang berbahan aluminium adalah sekitar 235g. Shifter aluminium dan baja memiliki target bobot 156gram untuk sepasang.

Untuk saat ini Box juga sedang mengembangkan crank dengan menempatkan chainring dan rantai di bagian belakang. Tapi harganya masih belum ditetapkan untuk.

"Kami juga bekerja pada RD versi short-cage (lengan pendek), versi dengan peredam, dan di beberapa titik, kami akan melakukan agar bisa bekerja dengan 1x11 (speed)," kata desainer produk dan manajer senior merek Box, Michael Gamstetter. 

RD 10-speed memiliki pegas kabel agar rumah kabel tetap terjaga, dengan menggunakan katrol POM dengan bantalan cartridge tersegel, dan memiliki poros penghubung utama 30mm yang kuat.

Tuas tunggal pada shifter 10-speed bisa bekerja dengan cepat. Hanya menggunakan ibu jari, jari telunjuk bisa tetap pada tuas rem. Sistem tuas ini juga membuat kokpit nampak “bersih” dan sudut shifter dapat disesuaikan. Akan tersedia juga tuas panjang dan pendek.

Shifter depan bisa bekerja dengan crank ganda (double) atau tiga (triple), dari SRAM dan Shimano. Bagian belakangnya bisa bekerja dengan komponen derailleur dari Box.

Baca: Siapa Saja yang Bakal Berlaga di Red Bull Rampage 2016? Yuk, Lihat Daftarnya!

RD Box 

Toby Henderson, box component, komponen sepeda, fork, shifter, crankset

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss