MTB » Downhill
Short URL:
Preview Kejuaraan Dunia Downhill 2014 Seri 3
Fri, 06 Jun 2014 | 21:59
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 11.124 kali

SPORTKU.COM - Setelah istirahat selama 6 pekan, Kejuaraan Dunia Downhill akan digelar pada akhir pekan ini di dataran tinggi Skotlandia, Fort William, yang terkenal dengan trek-nya yang panjang dan menantang. Tahun lalu, Atherton bersaudara sukses berjaya di sini. Dapatkah mereka mengulang sukses serupa kali ini?

Selain itu, ada beberapa hal menarik yang mungkin akan terjadi pada seri ketiga ini. 

Stevie Smith alias Canadian Chainsaw Massacre, bakal kembali turun pada akhir pekan ini. Dalam tiga Kejuaraan Dunia terakhir Stevie selalu menang. Apakah dia akan kembali tampil cepat? DeVinci Global Racing cukup cerdas terkait kembalinya Smith dan semua menandakan, dia telah pulih sepenuhnya dari kecelakaan di luar musim dan ia pun tidak terburu-buru kembali ke arena balap. Apapun yang terjadi, kembalinya Smith akan membuat laga berlangsung seru.

Rachel Atherton sempat mengalami masalah pada perut pada race pertama di Afrika Selatan. Tetapi setelah mendominasi pada seri 2 di Australia, dia tampaknya telah pulih. Bila dia bisa memenangkan Piala Dunia dengan selisih waktu yang besar ketika sakit, maka apa jadinya bila ia dalam kondisi fit? Para fans tentu berharap ia dapat mengulangi kemenangan gandanya seperti tahun lalu.

Dua balapan pertama di tahun ini, beberapa pembalap memilih sepeda yang lebih cocok pada aspek kayuhan, dan pemimpin poin pada kelas pria saat ini, Aaron Gwin, belum menggunakan sepeda Downhill nya. Tapi itu semua akan berubah di Fort William yang cepat dan keras yang sepeda DH pun bahkan mungkin tidak cukup. 

Pada masa istirahat, banyak tim memiliki kesempatan untuk menguji perangkat baru dengan harapan mereka bisa mendapatkan hasil lebih tinggi pada hari Minggu yang akan datang. Dikabarkan, Lapierre dan Specialized memiliki sepeda baru untuk balapan ini. Dapatkah Lapierre seri baru mengantarkan Loic Bruni meraih kemenangan pertamanya? Sepeda baru memang sering diuji oleh rider Piala Dunia sebelum dirilis ke publik maka tunggulah dan pastikan jangan lewatkan beberapa hardware untuk tahun depan. 

Terkait perburuan gelar antara Aaron Gwin dan Gee Atherton, pada akhir pekan ini Aaron akan bertandang ke negara asal Gee. Gwin harus mematahkan Gee yang menjadi “pemilik” trek ini. Sebaliknya, kemenangan di sini bisa memberikan keuntungan kepada Gee di sisa musim.

Dikutip dari Cyclingnews, Sam Hill yang baru-baru ini pindah ke roda 650B (27,5 inci), pada akhir pekan lalu finis dengan mengesankan di posisi kedua dalam seri nasional Inggris. Ia berada di negara itu selama beberapa minggu dengan timnya, CRC-Nukeproof, dan terlihat berjalan dengan baik untuk Australia. Bermodalkan percaya diri, Sam Hill dapat berbahaya bagi rider lain dan bisa membuat Nukeproof memenangkan Piala Dunia pertamanya.

Pada awal tahun lalu, Athertons merangkul Taylor Vernon dalam tim mereka, GT Factory Racing. Taylor menunjukkan kecepatan sebelum mengalami cedera pada akhir musim. Sekarang dia akan kembali dan bakal menambah kecepatan pada setiap race. Buktinya, ia finis di posisi kedua di tingkat nasional Inggris pada akhir pekan lalu. Taylor, yang pada tahun lalu menjadi juara pertama pada lomba ini, tampaknya bisa membuat tim Atherton meriah tiga gelar sekaligus.  

Di luar dari semua yang telah terjadi selama dua putaran, Neko Mullaly muncul sebagai kejutan terbesar. Performanya di Cairns luar biasa. Ia menunjukkan potensi yang ada, tapi apakah ia bisa menang di akhir pekan ini? 

Setiap tahun, pembalap Inggris berhasil meningkatkan permainan mereka dan sering mendapatkan hasil terbaik pada lomba ini. Ikutserta dalam Piala Dunia di Fort William adalah impian bagi setiap pembalap muda Inggris. Oleh sebab itu, ajang ini pun menjadi pembuktian bagi mereka untuk muncul sebagai juara. 

Gee Atherton bakal tampil maksimal di hadapan pendukungnya (Foto: Dirtmountainbike)

Piala Dunia, Downhill 2014, Seri 3

 

Stevie Smith akan tampil setelah pulih dari cedera. (Foto: Canadiancyclist)

Piala Dunia, Downhill 2014, Seri 3

 

Sam Hill. Sukses tampil gemilang dengan ukuran roda barunya (Foto: Monsterenergy)

Piala Dunia, Downhill 2014, Seri 3

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss