MTB » Cross Country
Short URL:
Mengintip Konfigurasi Sepeda Juara Dunia XC
Wed, 24 Sep 2014 | 12:00
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 6.243 kali

SPORTKU.COM - Di jagat XC race, siapa yang tak kenal Julien Absalon. Maklum saja, rider asal Prancis ini telah mengoleksi gelar juara dunia lebih banyak dari rider lainnya - empat gelar juara dunia dan lima juara umum pada seri kejuaraan dunia UCI.

Setelah bergabung dengan tim BMC pada tahun 2013, tahun ini Julian menggunakan sepeda besutan pabrikan asal Swiss tersebut, yakni BMC Teamelite TE01.

Seperti apa konfigurasi sepeda tersebut? 

Meski telah kaya gelar juara, sepeda Absalon rupanya tergolong standar. Sepeda yang digunakan bertipe hardtrail dengan frame berbahan karbon berkualitas tinggi. 

"Julien tergolong klasik. Dia hanya menggunakan sepeda hard trail, meskipun orang lain di tim ini telah menggunakan versi full suspension,” kata mekanik tim BMC Daimeon Shanks seperti dikutip dari Bicycling. 

Selain itu, sepeda Julien menggunakan fork tipe Fox Float 32 dengan ICD suspensi yang memiliki fitur lockout elektronik, hasil kolaborasi Shimano-Fox. Sementara, groupset-nya menggunakan Shimano XTR Di2. 

Menurut Shank, komponen tersebut adalah groupset MTB elektronik pertama yang dilengkapi baterai yang sama untuk menjalankan fitur lockout elektronik dan shifting. Komponen ini juga sama dengan groupset Di2 untuk road bike. 

Drivetrain sepeda ini juga tergolong standar, dengan crank single ring (34T) dan cassette 11 speed, tipe 11-40 T. 

Tidak seperti banyak pembalap lain yang menggunakan ring tunggal dari SRAM tanpa pelindung rantai (chain guard), Absalon malah lebih memilih untuk menggunakan chain guard dari BMC sebagai cadangan. Penggunaan chain guard dianggap dapat menahan rantai. Meski belum diuji, cara tersebut dianggap lebih aman.

Pada sisi wheelset, sepeda Absalon menggunakan rim Shimano dan ban Continental Race Kings (tubeless) 29 inci dan komponen 3T, serta sadel dari Fizik. 

Yang menarik, Absalon rupanya masih menggunakan pedal Time ATAC yang tergolong bukan produk terbaru.  

BMC Teamelite TE01 yang digunakan Julien Absalon saat lomba. (Foto: Bicycling/Molly Hurford)sepeda Juara Dunia XC, Julien Absalon, BMC, Teamlite

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss