MTB » Cross Country
Short URL:
Rider Swiss Dominasi Piala Dunia XC Seri 5
Thu, 07 Aug 2014 | 15:14
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Redbull
Dibaca : 4.728 kali

SPORTKU.COM - Ajang UCI Mountain Bike World Cup untuk kategori cross country (XC) seri 5 yang berlangsung di Mt. St. Anne, Kanada, beberapa waktu lalu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Swiss. Sebab ajang tersebut didominasi oleh rider dari negara tersebut.  

Nino Schurter (Scott-Odlo) dan Jolanda Neff (Liv Pro XC), yang masing-masing turun pada kelas Elite Pria/Wanita, berhasil menang secara meyakinkan.

Dengan hasil ini Nino Schurter makin mendekatkan diri dengan Julien Absalon (BMC) di klasemen umum dan Jolanda Neff makin mengukuhkan dirinya di puncak klasemen. Sementara, pada seri ini, Julien Absalon hanya mampu finish di urutan kedua.      

Jalannya lomba
Di kelas elit pria tercipta duel keras antara Schurter dan Absalon. Keduanya memang saling bergantian juara pada seri-seri sebelumnya. Hingga seri kali, Absalon masih unggul dengan satu kemenangan atas Schurter.

Schurter menyerang di awal lomba dan memimpin 15 detik setelah lap pertama, dari kejaran kelompok di belakangnya dimana terdapat Absalon. Tapi menjelang lap terakhir, Schurter mendapat celah dan menjaga selisih waktu 18 detik dan 16 detik, ketika di finish.

Sementara itu, Dan McConnell (Trek Factory Racing) terus merayapi trek dan akhirnya berada ke ketiga. Di belakang McConnell terdapat Lukas Fluckiger (BMC) dan Mathias Fluckiger (Stockli) yang mengisi posisi kelima.

"Ini adalah balapan yang berat. Dengan perubahan yang mereka (penyelenggara) buat di tahun ini, terdapat rute mendaki yang super berat. Saya sangat senang bisa menang di sini. Beberapa tahun lalu, saya kurang beruntung di sini - di kejuaraan dunia (tahun 2010) saya mengalami kempes ban dua kali. Sekarang masih tersisa dua balapan lagi dan saya akan berjuang sampai balapan terakhir, " ujar Schurter.

Absalon sendiri masih memimpin klasemen umum dengan 260 poin dan meski masih tersisa dua balapan lagi, ia hampir tidak mungkin dikalahkan. McConnell tetap di posisi ketiga, dengan 140 poin.

Pertarungan di kelas Elite Women pun tak kalah seru. Jolanda Neff harus bersaing keras dengan Catharine Pendrel (Luna), Lea Davison (Specialized Racing XC), Katerina Nash (Luna) dan Emily Batty (Trek Factory Racing).

"Sejak lomba dimulai, saya berada di depan. Jadi, saya hanya berpikir bahwa saya perlu menjaga performa dan melihat apa yang terjadi. Saya suka trek di sini. Ini menjadi balapan yang bagus. Saya tidak suka dengan iklim di sini yang panas. Biasanya saya tampil bagus saat hujan. Saya harap, saya bisa menjaga penampilan saya dan terus melakukan yang terbaik," papar Jolanda Neff seperti dikutip dari situs UCI.

Dengan dua balapan yang masih tersisa, Neff memimpin klasemen umum dengan nilai 900 poin. Sedangkan Batty melompat dari keenam menjadi kedua dengan 590 poin dan unggul dua angka atas Tanja Zakelj (UNIOR Tools).

Piala Dunia XC UCI, Rider Swiss Mendominasi, Nino Schurter, Jolanda Neff, Julian Absalon

Piala Dunia XC UCI, Rider Swiss Mendominasi, Nino Schurter, Jolanda Neff, Julian Absalon

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss