Commuter & Lifestyle » Other
Short URL:
Nih, Cara Sehat Bersepeda di Bulan Puasa
Mon, 14 Jul 2014 | 16:09
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Adi Supriyatna
Dibaca : 7.892 kali

SPORTKU.COM - Tak dipungkiri, ibadah puasa memang membawa pengaruh bagi ketahanan fisik manusia yang menunaikannya. Tubuh dan panca indra akan cenderung melemah. Hal itu memang wajar, mengingat tubuh kurang mendapat asupan makanan atau kalori yang memadai untuk menunjang aktivitas. 

Namun demikian, bukan berarti di bulan puasa harus libur bersepeda bukan? Aktivitas bersepeda tetap bisa dilakukan, dengan persiapan serta porsi yang sesuai agar aktivitas tersebut justru tidak merusak atau membatalkan ibadah puasa kita.

Apa saja yang perlu perhatikan dan dilakukan? Simak beberapa tip berikut:

  • Pilihlah waktu yang tepat dan "aman" untuk menjaga puasa. Sore hari, menjelang waktu berbuka puasa, adalah waktu yang ideal untuk melakukan fun bike. Sebab, selain sekaligus ngabuburit, aktivitas ini juga menyehatkan dan bersifat rekreatif.
  • Rencanakan rute yang akan dilalui dengan baik dan usahakan agar tidak terlalu panjang atau berat, tapi juga tidak terlalu pendek. Bila rute yang dipilih berupa jalan raya, pilihlah kawasan yang tidak terlalu ramai atau ramah terhadap pesepeda, mengingat menjelang berbuka puasa pada, kondisi jalanan akan padat oleh kendaraan bermotor lainnya sehingga mengurang kenyamanan perjalanan. 
  • Periksa tekanan angin pada ban. Tambahkan angin bila diperlukan. Dengan tekanan yang tepat, hal itu akan membuat kayuhan bakal terasa lebih efisien atau tidak menguras banyak energi.
  • Lakukan pemanasan dan peregangan secukupnya sebelum memulai gowes agar otot dan tubuh siap untuk memulai aktifitas.
  • Diawal perjalanan, kayuh pedal dengan santai. Naikkan ritme kayuhan anda  secara bertahap atau sesuai trek yang dilalui.
  • Istrahatlah bila diperlukan.
  • Meski berpuasa, bawalah  air minum dalam botol dan makanan ringan agar anda bisa tetap berbuka puasa tepat waktu, apabila anda belum sampai di tujuan akhir.
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk melakukan "cooling down".

Puasa bukan halangan untuk tetap bersepeda

tip bersepeda di bulan puasa, tips sepeda

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss