BMX » Super Cross
Short URL:
Topic of the Week
Olimpiade 2016, Pembuka Jalan Untuk Kemajuan BMX SX Indonesia
Wed, 31 Aug 2016 | 16:11
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 2.718 kali

SPORTKU.COM - Sebagai ajang pesta olahraga dunia, Olimpiade menjadi momen yang penting bagi para atlet di dunia. Seorang atlet harus berjuang keras untuk bisa tampil di ajang tersebut. Tak hanya itu, keberuntungan terkadang juga dibutuhkan.   

Khusus pada cabang sepeda, Olimpiade 2016 di Rio de Janiero, Brasil, yang baru saja berlalu, tentu menyisakan pelajaran tersendiri. Meski awalnya, cabang balap sepeda bukanlah cabang yang diprioritaskan untuk berlomba di Olimpiade, namun Indonesia akhirnya berkesempatan untuk mengirimkan atletnya untuk berlomba di cabang BMX Supercross (SX), yakni Toni Syarifudin. Toni pun menjadi satu-satunya atlet Indonesia di cabang sepeda yang “terbang” ke Rio. 

Indonesia pernah mengirimkan atlet balap sepeda ke Olimpiade. Sebelumnya, Indonesia mengirimkan pebalap sepeda di Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol - dengan menurunkan Tulus Widodo yang berlomba di nomor trek putra. Pada Olimpiade Athena, di Yunani tahun 2004, Indonesia kembali diwakili oleh Santia Tri Kusuma, yang berlomba di nomor trek putri.

Perjalanan Toni untuk menuju Rio sendiri bukanlah perkara yang mudah. Selain upaya yang keras, faktor keberuntungan juga menjadi faktor penentu. Sebab, Toni dinyatakan lolos oleh UCI setelah memiliki poin tertinggi diantara negara yang tidak lolos kualifikasi. Di sisi lain, tuan rumah (Brasil) tidak menggunakan “haknya” untuk berlomba di cabang ini. Alhasil, Toni pun akhirnya bisa “terbang” ke Rio. 

Perjuangan Toni di Olimpiade Rio juga memang belum membuahkan medali bagi Indonesia, dimana perjalanan Toni terhenti di babak perempat final. Ia pun mengalami crash yang kemudian menyebabkan cedera.

Kendati demikian, hal itu rasanya sudah cukup membuktikan bahwa atlet BMX SX Indonesia sudah mampu bersaing di level elite dunia. Momen ini tentunya juga diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para atlet muda Indonesia lainnya, dan memberi keyakinan bahwa untuk bisa tampil di Olimpiade berikutnya, bukanlah sesuatu yang mustahil. 

Majulah BMX SX Indonesia!      

 

Ilustrasi: Para rider yang bersaing BMX SX (Foto: Adi Supriyatna)Kejuaraan Nasional BMX SX, BMX National Open, Sirkuit BMX Taman Hutan Kota Cigembor, Ciamis, issi, Pengprov ISSI DKI Jakarta, Pengprov ISSI Jawa Barat, Pengcab ISSI Ciamis

Editor : Dedi Hermawan
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss