BMX » Other BMX
Short URL:
Nih, Empat Teknik BMX yang Perlu Dikuasai
Thu, 24 Apr 2014 | 17:30
Teks : Adi Supriyatna
Dibaca : 22.444 kali
Kategori : BMX, trick, tips bmx

SPORTKU.COMAktivitas BMX ataupun Freestyle diperlukan penguasaan teknik-teknik yang perlu dikuasai. Hal itu diperlukan, selain untuk menciptakan atraksi yang memukau, juga untuk meminimalkan resiko dari cedera.

Berikut ini 4 teknik dasar yang penting wajib dikuasai oleh rider, sebagaimana yang dikutip dari Bicycling.         

1. Banked Turn 

Tingkat kesulitan: 1:4

Manfaat: sudut jalan dan menjaga kecepatan di tikungan

Caranya: Posisikan kaki dan level crank, posisikan tubuh untuk berdiri atau sedikit di belakang sadel. Saat mendekati tikungan, jagalah kecepatan dan putuskan jalur mana yang akan diambil. Arahkan pandangan ke depan dan kepala ke arah yang ingin dituju. Kemudian ikuti arah sepeda dan tubuh ke belokan. Ketika gaya gravitasi mulai menarik, mulailah mengayuh pedal keluar dari kelokan. Idealnya anda akan keluar dari tikungan lebih cepat dibanding saat masuk.

BMX, trick, tips bmx

Ilustrasi: Bicycling

 

2. Bunny Hop

Tingkat kesulitan: 1:4

Manfaat: Teknik ini dapat membantu untuk melalui lubang, trek berbatu dan rintangan lainnya.

Caranya: Berdirilah di pedal, lutut ditekuk, berat badan di atas kursi, tangan santai, dan mata mengarah lurus ke depan. Mulailah hop dengan menekan sepeda ke arah bawah dengan lengan dan kaki. Kemudian perpanjang momentumnya dengan pergelangan kaki, lutut, dan pinggul untuk menghasilkan gerakan ke atas, tarik sedikit di ujung setang. Jangan mengerem, saat membiarkan sepeda kembali ke tanah dengan perlahan.

BMX, trick, tips bmx

Ilustrasi: Bicycling

 

3. Jump 

Tingkat kesulitan: 2:4*

Manfaat: Membuat orang terkesan

Caranya: Lakukan bunny hop selangkah lebih maju dengan menambahkan lompatan untuk menghasilkan daya angkat yang lebih besar. Saat mendekati bibir lompatan di trek BMX atau trail, tekan ke bawah dengan lengan dan kaki, seperti melakukan saat bunny hop, sambil mengamati pendaratan. Perpanjang kaki anda saat lepas landas sambil terus fokus pada tujuan. Santai dan nikmati “lompatan”. Ketika mendarat, biarkan tubuh Anda untuk sedikit menekan sepeda ke arah bawah.

* Kesulitan tergantung tinggi lompatan 

BMX, trick, tips bmx

 

4. Manual 

Tingkat kesulitan: 4:4

Manfaat: Mempertahankan kecepatan di medan bergelombang

Caranya: Mulailah dengan posisi yang sama seperti saat melakukan bunny hop (lihat di atas), Dengan lutut ditekuk, menggeser berat badan Anda sehingga pinggul berada di belakang sadel dan tarik bar ke arah anda. Semakin jauh bersandar kembali, akan semakin mudah untuk mengangkat roda depan. Meskipun anda berjalan panjang, fleksibel dan perpanjang kaki yang diperlukan untuk menjaga titik keseimbangan.

BMX, trick, tips bmx

Ilustrasi: Bicycling

 

Meski terlihat sederhana, namun untuk bisa menguasai teknik-teknik diatas diperlukan latihan dan uji coba beberapa kali. 

Selamat mencoba! 

 

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss