Bike Community
Short URL:
Ratusan Peserta Jamselinas VI Disuguhkan Kearifan Lokal Babel
Fri, 09 Sep 2016 | 14:04
Teks : Adi Supriyatna
Foto / Video : Mada Mubina/IDFB
Dibaca : 3.864 kali

SPORTKU.COM - Sekitar 200-an pecinta sepeda lipat dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) VI yang berlangsung di Muntok, Bangka Belitung (Babel) pada akhir pekan lalu. Event ini menjadi yang pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa. 

Selain berkumpul bersama, para peserta Jamselinas juga diajak mengelilingi tempat wisata di kota Muntok, Bangka Barat. Perjalanan dimulai dari Museum Timah, melintasi Wisma Ranggam dan kemudian mengunjungi Masjid Agung dan Klenteng di sekitar pusat perekonomian Muntok. 

Para Seliers (pesepeda lipat) juga mengikuti acara Nganggung di perumahan timah, Muntok. Acara Nganggung merupakan upaya memperkenal budaya di Bangka Belitung.

Ketua Panitia Jamselinas VI Budi Susatyo mengatakan, acara Nganggung sebagai bentuk kearifan lokal daerah. Tradisi ini bisa meningkatkan kebersamaan, karena makanan disiapkan masyarakat. 

Keesokan harinya, acara kembali diisi dengan bersepeda bersama. Dimulai dari Museum Timah Muntok, rombongan dilepas Wakil Bupati Bangka Barat Markus di depan. Tampak keceriaan di wajah peserta. Kebersamaan dan keakraban juga terlihat saat sarapan pagi hingga di Pos I Gunung Menumbing.

Kegiatan ini juga turut memberdayakan masyarakat lokal. Misalnya, selain bisa bermalam di hotel, para peserta juga bisa bermalam di sejumlah homestay yang tersedia.    

Peserta Jamselinas VI di Museum TimahJamselinas VI, jambore sepeda lipat, muntok, sepeda lipat, idfb

“Peserta sangat senang. Untuk penginapan, ada yang menggunakan hotel, ada juga menginap di homestay. Kita ingin mengenalkan dan memberdayakan masyarakat pemilik homestay. Peserta yang menginap di homestay hanya membayar Rp50 ribu, karena ada subsidi dari uang pendaftaran. Pemilik homestay mendapat Rp400 ribu selama dua malam,” jelas Budi.

Sementara itu, para peserta merasa puas penyelenggaraan Jamselinas kali ini. Selain memiliki rute bersepeda yang menarik, para peserta juga bisa mengenal kultur masyarakat setempat lebih dekat.

"Selain disuguhi track bersepeda menarik selama di Muntok, dengan kontur jalan halus disetiap sudutnya, ini pengalaman pertama sebagian besar peserta yang menginap di homestay untuk mengenal lebih dekat kultur budaya Bangka, khususnya kota Muntok sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia. (Itu) terlihat dari kesan-kesan yang diungkapkan sebagian peserta pada acara malam keakraban Sabtu (malam) di Pantai Batu Rakit. Sangat surprise dengan sambutan warga yang menerima dengan baik kehadiran mereka di kota Muntok. Terharu!" ujar Mada Mubina peserta dari Jakarta, yang sekaligus Ketua IDFB Community. 

BACA: Peugeot Ciptakan Sepeda Lipat Elektrik Unik

Didukung Pemerintah Daerah

Jamselinas VI rupanya turut mendapatkan dukungan dari Pemprov Babel dan Pemkab Bangka Barat. Pasalnya Jamselinas dinilai dapat menjadi ajang promosi. Peserta Jamselinas diharapkan dapat menjadi duta untuk menginformasikan potensi wisata di wilayah ini.

Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pemerintah sangat mendukung kegiatan Jamselinas, karena sejalan dengan pengembangan bidang kepariwisataan. Apalagi Jamselinas kali ini merupakan kegiatan pertama diadakan di luar Pulau Jawa.

“Muntok akan memberikan tantangan berbeda dari Jamselinas sebelumnya. Selamat menikmati Kota Muntok, kota tua, kota Pusaka dan kota Seribu Kue," kata Noviar saat acara Welcome Dinner Jamselinas VI, Jumat (2/9) di Muntok, dikutip dari siaran pers.

Pemerintah menyediakan fasilitas transportasi bagi peserta, dari ibukota provinsi Pangkal Pinang ke Muntok hingga kembali.

Di akhir acara, turut ditentukan lokasi Jamselinas untuk tahun depan dan Semarang ditetapkan sebagai menjadi tuan rumah. 

BACA: 

 

Para peserta Jamselinas VI bersepeda bersama Jamselinas VI, jambore sepeda lipat, muntok, sepeda lipat, idfb

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. Videos are streaming utilizing Strategi Inisiatif Media Video Streaming Server.

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss